Pertemuan

“Beberapa pertemuan seringkali membawakan senyum atau menjadi pembawa ingatan dari sebuah kenangan.”

Beberapa tahun yang lalu, aku merasa akrab dengan perempuan yang satu ini, sebut saja namanya Nia. Kami masih sama-sama menjadi mahasiswa di Yogyakarta, namun di universitas yang berbeda. Nia kuliah di kampus favorit Yogja, sedangkan aku kuliah di kampus favorit kakak iparku haha…

Perkenalan kami pun terbilang tak resmi, pada mulanya kami saling menyapa di facebook, salah satu jejaring sosial yang sedang marak kala itu. Kebetulan, kami memiliki dua teman yang sama, Pian dan Mbak Evie, lagi-lagi namanya kusamarkan:). Kami memiliki komentar yang hampir sama tentang dua temanku yang ini. Kami bercanda layaknya sahabat lama yang kenal bertahun-tahun. Berawal dari komentar-komentar di FB itulah yang membuat kami saling mengenal dan melempar sapa di dinding masing-masing.

Kuliah di jurusan yang sama, Psikologi, membuat obrolan pun terasa semakin lekat. Meski hanya bertegur sapa lewat FB, tapi rasanya aku mengenalnya sebagai pribadi yang menarik. Blak-blakan, spontan, dan ceria, itulah penilaianku tentangnya. Meski berada di kota yang sama, kami tak pernah bertemu, meski keinginan itu terkadang terlontar di antara obrolan-obrolan iseng. Namanya juga rezeki, kalau belum waktunya juga tak akan bertemu, pikirku singkat.

Nia beberapa kali berada di kampusku, namun aku tak menjumpainya sampai akhirnya ia pindah ke Jakarta. Menjadi dosen, itulah impian berikutnya yang sedang ia raih. Kesibukannya dengan kuliah baru dan kesibukanku menyelesaikan skripsi membuat hubungan kami sempat terputus, apalagi kalau hanya mengandalkan FB:). Setibanya aku di Jakarta, aku menyambangi kampusnya, berpose di depan fakultas pasca sarjana UI dan menautkan foto narsisku padanya.

“Hei, ayo ketemuan!” Komentarnya pun segera menghiasi fotoku.

Beberapa waktu kemudian aku tinggal di Jakarta, begitu juga Nia yang masih menyelesaikan kuliahnya. Berita mengejutkan lainnya pun datang, Pian ada di Pulau Jawa. Dekat sekali dengan keberadaanku dan Nia, Jakarta. Mungkin saja, Pian sedang meraih mimpinya untuk bekerja di luar pulaunya:).

Berdiam di kota yang sama, rupanya juga tak banyak membantuku dan Nia. Hingga saat aku berbuka puasa bersama seorang teman baru yang lagi-lagi kutemui di FB, aku mengirim pesan padanya. Keterkejutannya tentang keberadaanku di rumah temannya, membuatnya meminta kami untuk bertemu. Kusampaikan mungkin lain kali saja, karena sudah terlalu malam. Dia pun bersikukuh ingin bertemu dan akhirnya menyambangi tempatku berbuka.

Seorang gadis turun dari sepeda motornya, kulihat dia persis sama seperti fotonya di FB haha… Langsung saja kukenali dia. Dia pun segera mengenaliku dan tersenyum, berjalan ke arahku, bersalaman. Sejenak kami terlibat dalam obrolan super tanggung, karena aku kikuk baru sekali bertemu dengannya. Berbeda dengan Nia yang bercerita super santai dan heboh:)

Percakapan kami semakin lama terasa menyenangkan sampai dia mengabarkan berita pernikahannya.

“Nikah ama siapa?” Pelan aku bertanya.

“Sama oranglah yang jelas,” kelakarnya santai, “Yang jelas bukan sama Pian karena Pian sudah nikah hehe….” Keras dia tertawa entah menyiratkan apa.

Diam-diam dalam hati aku pun juga mengatakan hal yang sama, ntar kalau aku nikah juga bukan ma Pian, Nia. Soalnya Pian sudah nikah, sih hehehe…..

Well, Allahlah sebaik-baik perancang kehidupan dan kita pun harus berlomba menjadi sebaik-baik hamba yang dicintai-Nya:)

Ada rembulan di atas jendela rumahmu… Puisi itu tak lagi kuingat seluruhnya. Gerimis di hati tak lagi turun kawan:)

Sekolah Angin, 24 Juli 2013

11:40

Note: 24 Juli 2013 yang beberapa saat lalu membuatku teringat pada 24 Mei 2010, terlalui sudah:)

Tinggalkan Balasan

