RESENSI

Rubrik ini berisi tentang resensi buku-buku yang sudah saya baca. Resensi buku, dibuat berdasarkan pendapat pribadi dan buat ajang melatih kemampuan analisis pribadi.

Buat teman-teman penulis dan penerbit yang mempunyai buku bagus, dan berminat untuk diresensi, silahkan kirim ke saya.

silahkan kirim buku ke alamat jl. tasura no.42 pugeran, maguwoharjo, depok, sleman, yogyakarta. biar aku juga bisa meresensi bukunya. ok???

semangat

_0.0_

RESENSI: RESEP CSPLENG MENULIS BUKU BEST SELLER
MENULIS BUKU BESTSELLER? ANDA JUGA BISA!!!

Oleh: Sofa Nurdiyanti*)

Judul : Resep Cespleng Menulis Buku Bestseller Edisi Revisi
Penulis : Edy Zaqeus
Penerbit/ tahun terbit : Fivestar Publishing, (Cet. Ke-3, 2008)
Jumlah halaman : xxvi+230
ISBN : 978-979-15887-1-3
Harga : Rp 46.800,00

Pernahkah terpikirkan oleh anda untuk menulis sebuah buku bestseller?
Saya rasa setiap orang tentulah menginginkan membuat sebuah buku yang bestseller!!!
Tapi bagaimana caranya?
Resep Cespleng Menulis Buku Bestseller edisi revisi yang ditulis oleh Edy Zaqeus, benar-benar mengungkapkan cara membuat sebuah buku yang bestseller secara gamblang dan mudah dicerna bagi siapa saja yang membacanya. Dengan membaca buku ini, anda akan terstimulus untuk melahirkan sebuah buku masterpiece yang Bestseller

Buku yang berkaitan dengan menulis, sudah banyak diterbitkan. Banyak sekali ragamnya mulai dari cara menulis buku yang baik, mengarang yang mudah, menulis buku fiksi, menulis skenario, editing, menyusun paragraf yang baik dsb. Namun, buku yang mengungkap cara menullis buku bestseller saya rasa, baru Edy Zaqeus yang menulisnya. Penulis empat buku bestseller dengan cerdas mengungkap dan merangkumnya dalam sebuah buku berjudul Resep Cespleng Menulis Buku Bestseller (RCMBB).
Buku Bestseller seakan menjadi ‘hak milik’ penulis terkenal saja. Karena para penulis terkenal tersebut sudah mempunyai ilmu yang mumpuni dalam meracik sebuah buku. Yang menjadi pertanyaan ialah bagaimana dengan penulis pemula yang ingin menghasilkan karya perdana yang Bestseller? RCMBB memberikan jawabannya.

Terbukti dari buku RCMBB edisi perdana mampu menggerakkan hati puluhan orang untuk membuat buku dan terbukti buku mereka pun menjadi bestseller. Beberapa testimoni yang terpilih sebagai pemenang dalam lomba memberikan testimoni atas buku RCMBB perdana memberikan bukti dari keampuhan buku RCMBB. Sebagaian besar dari mereka adalah penulis yang lahir setelah membaca buku RCMBB edisi perdana.
Terkadang ada anggapan yang muncul bahwa menulis sebuah buku saja, sudah merupakan sebuah kesuksesan bagi seseorang. Jadi, jarang ada sebuah pemikiran bagaimana menjadikan sebuah karya tersebut bestseller dengan terencana. Setiap kesuksesan mempunyai kunci sukses, demikian juga dengan pembuatan buku bestseller. Kunci sukses membuat buku bestseller dapat dipelajari oleh setiap orang, karena tidak ada kesulitan dalam mengaplikasikan semua kiat yang sudah terangkum dalam RCMBB.
Seperti yang Edy Zaqeus katakan dalam RCMBB, bahwa ” Melahirkan buku tak ubahnya melahirkan seorang ‘anak’ . Sukses kita diawali oleh keberhasilan kita dalam melahirkan anak tersebut. Selanjutnya, supaya masa depannya sukses, berikan dia makanan yang bergizi serta pakaian, perawatan, perhatian, pendidikan, dan lingkungan terbaik. Jadi jangan sia-siakan dia. Jangan biarkan dia tumbuh liar dan tanpa masa depan yang pasti”. Dengan melahirkan sebuah karya bestseller maka maka segala usaha yang telah dikeluarkan untuk membuat sebuah buku tidak akan terbuang percuma.
Cara membuat sebuah buku menjadi bestseller merupakan sebuah ide yang jarang dipikirkan oleh seorang penulis. Bestseller atau tidaknya sebuah buku, biasanya diserahkan pada pasar yang menilai, jika buku tersebut bagus, maka banyak publik yang membaca dan membeli buku tersebut dan yang menjadi patokan apakah nantinya akan menjadi buku bestseller atau tidak. Sangat disayangkan pemikiran seperti ini, karena bagaimanapun sebuah karya harus dipersiapkan sebaik mungkin agar menjadi bestseller.
Membuat sebuah buku bestseller, seakan-akan menjadi sebuah rahasia ‘mahal’ yang jarang diketahui oleh setiap penulis terkenal sekalipun.

Namun, anda tidak perlu berkecil hati. Di dalam buku RCMBB, Edy Zaqeus memberikan berbagai ide menarik(pencerahan), yang tidak terpikirkan oleh kita sebelumnya sehingga buku kita bisa menjadi bestseller. Dari RCMBB, kita bisa menilai bahwa bestseller-nya sebuah buku tidak tergantung pada pasar (pembaca) semata tapi bisa kita ciptakan dan rancang sedemikian rupa sehingga bestseller bukanlah impian lagi.
Edisi revisi kali ini menambahkan sembilan bab baru yaitu: Bersiasat Dengan Tema Bestseller, Menghindari Kelemahan Buku Kumpulan Tulisan, Melengkapi Dan Merapikan Naskah, Bagaimana Mendapatkan Endorsement, Bagaimana Menembus Penerbit, Delapan Langkah Membuat Penerbitan Mandiri, Dari Fast Book Menjadi Masterpiece, Menjadi Penulis Buku Ber-Mindset Penjual, Strategi Promosi Buku Bestseller, Mem-branding Diri Dengan Buku, Lima Kebiasaan Produktif Penulis Bestseller, dengan berbagai artikel terbaru yang melengkapi edisi revisi akan semakin memudahkan kita dalam mencerna wujud sebuah buku bestseller.
Jika kita melihat banyaknya buku-buku yang menjadi bestseller tentunya akan menggelitik rasa keingintahuan kita, terutama latar belakang pembuatan buku tersebut. Proses pembuatan sebuah buku tentunya merupakan rangkaian panjang, sebuah pengejawantahan sebuah ide dalam bentuk tulisan yang tidak boleh kita remehkan begitu saja. Segala sesuatunya harus kita kerjakan dengan sebaik mungkin, tidak setengah-tengah sehingga bisa melahirkan sebuah karya masterpiece yang bisa menciptakan jejak hidup kita dihati setiap pembacanya.
Dengan merencanakan sebuah buku dengan matang tentunya kita bisa mencetak sebuah karya masterpiece yang mudah menjadi buku bestseller. Membaca buku RCMBB kita akan merasa seperti dituntun oleh penulis secara langsung. Step by step pembuatan buku dijelaskan secara gamblang dengan penuturan yang mengalir dan tidak membosankan. Dalam RCMBB juga disertakan data-data penjualan buku bestseller lainnya seperti ESQ-nya (Ary Ginanjar) yang terjual lebih dari 455.000 eksemplar. Sebuah angka yang fantastis, selain keuntungan secara finansial tentunya rasa bangga dan nilai aktualisasi diri sudah terpenuhi. Dengan membaca berbagai kisah sukses penulis bestseller di bidang non fiksi, kita bisa mengetahui bahwa potensi dari sebuah buku bestseller bisa membuat kita sebagai trainer atas setiap buku yang telah kita buat.
Nah, RCMBB akan mengupas secara detail terkait dengan unsur-unsur yang diperlukan oleh seorang penulis supaya dapat melahirkan sebuah buku yang bestseller, yang disusun berdasarkan pengalaman penulis dalam menerbitkan beberapa buku sebelumnya yang menjadi bestseller. Karena ditulis berdasarkan pengalaman, maka kita akan lebih mengerti seluk beluk pembuatan sebuah buku. Dari mulai menyediakan waktu buat menulis, menggali dengan teknik wawancara, cara menembus penerbit, strategi promosi buku dll menjadi sebuah cara yang mudah dan tidak sulit untuk dijalani.
Bab-bab yang disusun merupakan sebuah rangkaian yang runut dan tidak meloncat-loncat idenya antara satu pemikiran dengan yang lainnya. Buku RCMBB seperti yang dikatakan oleh penulisnya dalam pendahuluan, lebih banyak menonjolkan kiat-kiat praktis ketimbang uraian-uraian teoritis. Karena buku ini lebih ditujukan untuk memotivasi, menguatkan, dan menggerakkan agar setiap orang segera berani menulis buku.
Perbedaan edisi revisi dengan edisi perdana selain pada penambahan bab-bab yang abru juga terletak pada kaver yang terkesan lebih formal dibandingkan buku sebelumnya, ukuran buku, dan layout buku tersebut. Kelemahan buku ini menurut saya terletak pada contoh-contoh dari pemaparan penjelasan setiap bab. Sebagai contoh pada teknik menggali dengan wawancara, hanya dipaparkan sejumlah teknik wawancara yanng bagus. Namun, tidak diberi contoh hasil dari teknik wawancaranya. Berhubung seperti yang dijelaskan oleh penulis bahwa buku ini tidak bersifat teoritis dan lebih memotivasi sifatnya, hal ini dapat kita maklumi.
Saran saya bagi buku ini terletak penambahan contoh dari bab-babnya sehingga pembaca bisa belajar sedikit teori di buku ini. Dengan demikian, kita bisa membuat gambaran secara utuh baik dari kita praktisnya maupun teorinya. Dengan begitu kita akan lebih lancar dalam membuat sebuah buku dan tidak kesulitan dalam mencari referensi teori menulis, hal ini disebabkan banyaknya buku yang mengupas teori dalam menulis.

Hal ini tentu saja akan membingungkan kita karena setiap buku mempunyai pandangan yang berbeda. Tapi kita dapat menyiasatinya dengan membaca buku teori tentang menulis tetapi juga memperhatikan dengan kondisi kita sendiri, sesuaikah dengan kondisi kita atau tidak? Buat penulis ataupun pecinta buku yang mempunyai hobi membaca, buku ini sebaiknya kita baca. Dengan begitu kita akan semakin paham dalam meningkatkan kualitas buku kita menjadi bestseller, sedangkan bagi para pecinta buku yang hobi membaca, mari kita bebaskan ide kita dengan mulai menulis dan tidak sekedar membaca buku saja. Karena membuat sebuah buku bestseller tidaklah sulit, Edy Zaqeus dalam pendahuluannya menantang kita semua untuk ambil bagian dalam membukukan republik indonesia. Apakah anda akan menerima tantangannya ataukah tidak, semuanya itu tergantung dari masing-masing orang.
Yang jelas setelah membaca buku ini, saya harap kita semua tersadar bahwa menulis buku bestseller dapat dilakukan oleh semua orang. Menulis buku bestseller? Anda juga bisa!!![sn]

3. RESENSI BUKU: MENULIS SANGAT MUDAH

MENULIS ITU MUDAH LHO???

Oleh: Sofa Nurdiyanti*)

Judul : Menulis Sangat Mudah

Penulis : Ersis Warmansyah Abbas

Penerbit/ tahun terbit : Mata Khatulistiwa, (Cet. Ke-2, 2007)

Jumlah halaman : xvii+184

ISBN : 979-3092-66-1

Harga : Rp 22.500,00

Nilai buku : 6

Menulis sangat mudah, merupakan salah satu buku tentang kepenulisan yang ditulis, di antara sekian banyak ragam buku tentang menulis. Buku ini berusaha menyakinkan para pembacanya bahwa, menulis merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Tidak berbeda jauh dengan buku yang berusaha memotivasi orang agar mau menulis. Seperti yang disampaikan penulisnya bahwa buku yang ditulisnya ini merupakan buku yang ditulis untuk memotivasi orang agar mau menulis dan bukannya buku yang berisi teori tentang menulis. Buku ini ditulis oleh Ersis Warmansyah Abbas(EWA) yang merupakan salah satu dosen di Unlam Banjarmasin.

Buku ini disusun berdasarkan kumpulan artikel yang telah diterbitkan Radar Banjarmasin, salah satu koran lokal dimana EWA tinggal. Karena disusun berdasarkan kumpulan artikel, buku ini mempunyai beberapa kelemahan yaitu adanya ide yang diulang-ulang pada artikel yang berbeda. Yaitu penulisan tentang susunan otak manusia yang mempunyai triliunan sel dan koneksinya. Namun sayangnya tidak dijelaskan maksud dari koneksi antara tiap selnya dengan fungsi otak dengan penggunaanya oleh manusia. Contoh yang diberikan masih terlalu abstrak.

Bahasa yang digunakan pun ditulis berdasarkan selera penulis, terkesan santai dan seperti obrolan. Bukannya tidak bagus gaya bahasa yang dipakai oleh EWA, namun hal ini mempengaruhi cita rasa dan pesan yang disampaikan. Bisa jadi pesan yang ingin disampaikan bagus, namun karena penuturannya kurang pas bisa berdampak negatif bagi pesan yang disampaikan.

Ada beberapa pokok pikiran yang perlu dipertanyakan lagi. Misalnya pendapatnya tentang jangan bertanya pada siapa pun tentang menulis. Menurut EWA dengan bertanya maka kita akan terbelenggu oleh aturan, larangan, dan ketakutan yang akan menciutkan nyali dalam menulis.

Menurut saya pendapat diatas tidak sepenuhnya benar. Aturan dan larangan tidak semuanya berdampak buruk bagi seseorang, tidak semua orang memberikan aturan dan larangan yang akan membuat seseorang mengendurkan niatnya dalam belajar. Yang ada hanyalah saran dan sifatnya tidak mengikat jika seseorang bertanya pada seseorang yang dianggapnya lebih paham tentang menulis. Ketakutan dan ciutnya nyali itu muncul pada seseorang jika komitmennya untuk belajar menulis tidak kuat. Dengan bertanya kita akan mengetahui teknik-teknik menulis yang baik dan bisa mengembangkannya sendiri sesuai dengan minta kita.

Kritik juga merupakan salah satu kunci pengembangan diri seseorang, namun hal ini jsutru tidak disetujui oleh EWA. Kita harus bisa mengembangkan diri melalui kritik yang membangun. Kita akan semakin terlecut untuk terus memperbaiki diri dan mengetahui aspek mana sajakah yang perlu dikembangkan.

Selain beberapa hal yang kurang saya setujui dalam beberapa pendapatnya tentang menulis. Namun, buku ini juga memberikan wawasan baru dalam hal menulis dari sudut pandang EWA. Buku ini juga dilengkapi beberapa artikel yang telah diterbitkan pada Radar Banjarmasin dan cerpen yang tidak akan membuat kita bosan.

Membaca buku ini kita harus kritis dan jeli, karena meskipun penulisnya berusaha membuat buku motivasi tentang menulis, tapi menurut saya buku ini lebih bersifat provokasi pada pembacanya. Sehingga kita juga harus jeli mengamati setiap tulisan dan tidak sekedar membaca saja. Karena jika kita membaca saja tanpa mencerna isi dari setiap yang kita baca maka kita akan mudah terombang-ambingkan oleh berbagai hal. Buat yang lagi belajar menulis, buku ini bisa dijadikan salah satu variasi bacaan selain buku-buku tentang menulis lainnya. Selamat membaca!!!

4. RESENSI BUKU: RAHASIA SUKSES TERBESAR

Mau tahu rahasia sukses? Baca kisah jennie!!!

Oleh: Sofa Nurdiyanti*)

Judul : Rahasia Sukses Terbesar

Penulis : Jennie S. Bev

Penerbit/ tahun terbit : Bornrich Publishing, (Cet. Ke-1, 2006)

Jumlah halaman : xxiv+150

ISBN : 979-99343-9-7

Harga : Rp 48.800,00

Nilai buku : 8

Setiap orang sukses pasti punya jurus jitu dalam meraih kesuksesannya. Perjalanan yang penuh perjuangan pastilah membutuhkan kesabaran dan tekad yang luar biasa untuk mengalahkan semua rintangan yang ada. Nah, kiat sukses yang diburu oleh banyak orang inilah yang ingin dipaparkan oleh Jennie S. Bev. Jennie adalah salah satu orang Indonesia yang berhasil merantau di Amerika. Kerasnya persaingan dunia kerja di Amerika berhasil ditaklukannya. Banyak sudah usaha yang dirintisnya di Amerika, jatuh bangun membangun usaha sudah pula dirasakannya.

Jennie kini berprofesi sebagai entreprenur sejumlah bisnis online dan konvensional, sekaligus menjadi penulis, penerbit, konsultan, dan pengajar retorika di sebuah universitas. Tentu saja semua kisah suksesnya ini menjadi pertanyaan bagi siapa saja yang bertemu dengannya. Nah dalam buku ini, jennie membeberkan semua perjalanan karirnya dan rahasia sukses terbesar yang ia miliki pada setiap orang. Dengan gaya bahasa yang mudah dicerna, jennie mengajak kita semua untuk mengubah mindset kita tentang arti sukses.

Bab-bab yang ada disusun secara runut dan teratur. Antara yang satu dengan yang lain berkaitan dan memudahkan kita dalam memahami makna sukses dari proses yang paling dasar. Di buku ini jennie menceritakan kasus perjuangannya meraih kesuksesan. Sehingga ada kasus real yang dibahas, dan tidak sekedar teori semata, seperti kebanyakan yang lain.

Design kaver buku ini juga menarik dan tidak terksesan formal. Foto jennie yang ada di kaver buku tersebut mencerminkan keramahan dan optimismenya pada hidup. Jika anda ingin tahu lebih lengkap rahasia sukses terbesar yang dimiliki jennie bacalah kisahnya. Dijamin anda tidak merasa bosan atau digurui, selamat membaca!!!

5. RESENSI BUKU: RAHASIA PERNIKAHAN ANTAR BANGSA

Rahasia Pernikahan Antar Bangsa

Oleh: Sofa Nurdiyanti*)

Judul : Perkawinan Antar Bangsa: Love And Shock!

Penulis : Hartati Nurwijaya

Penerbit/ tahun terbit : Restu Agung, (Cet. Ke-1, 2007)

Jumlah halaman : xvi+212

ISBN : 979-007-045-4

Harga : Rp 50.000,00

Nilai buku : 7

Tema yang diangkat dalam buku ini adalah pernikahan antar bangsa. Tema yanng di angkat sungguh menarik karena masih jarang buku yang membahas perilaku pernikahan antar bangsa. Pandangan umum masyarakat indonesia tentang pernikahan antar bangsa masih dinilai negatif. Entah karena alasan ekonomi, perbedaan budaya, perbedaan agama dan rasa cinta pada tanah air.

Buku ini mengupas kehidupan pelaku pernikahan antar bangsa yang diwakili oleh enam negara yaitu: yunani, italia, swedia, rusia, belanda dan swiss. Kisah mereka dimulai ketika mereka berkenalan dengan orang asing melalui internet, korespondensi yang dilakukan melalui surat, kisah perkenalan melalui dunia maya yang mengikat hati merreka dan pertentangan dari keluarga mengenai rencana pernikahan mereka.

Tidak mudah menikah dengan orang asing, itulah pesan yang saya tangkap dari kisah pelaku pernikahan dengan orang asing. Mereka harus menyesuaikan diri dengan budaya yang berbeda, bahasa yang menjadi jalan komunikasi pun tidak berjalan dengan lancar, hubungan mereka dengan keluarga baru ditempat yang asing, pandangan masyarakat sekitar tentang pernikahan mereka, rasa rindu terhadap tanah air, dan berusaha mengenalkan budaya indonesia pada anak mereka sehingga anak-anak mereka tahu budaya orang tuanya. Sungguh, merupakan sebuah kisah yang penuh perjuangan.

Pernikahan yang diharapkan tidak seperti dongeng pangeran dan putri yang bahagia ketika menikah dan hidup bahagia selamanya. Justru awal pernikahan yang sedianya diharapkan membawa kebahagian bagi mereka ternyata menumbuhkan konfik dan masalah yang perlu diselesaikan dengan baik dan penuh pengertian dari kedua belah pihak. Karena setelah menikah mereka baru mengetahui kondisi suami mereka yang sesungguhnya, budaya yang berbeda serta perkenalan singkat yang tidak mendalam membuat merreka mengalami culture shock(kejutan budaya).

Permasalahan yang timbul dari pernikahan antar bangsa dikupas secara terbuka oleh para pelaku pernikahan antar bangsa, mulai dari cara mengatasi perbedaan budaya, bahasa, selera, keluarga baru dan lingkungan tempat mereka berada. Buku ini juga memberikan saran bagi orang yang ingi menikah dengan pasangan beda budaya, memperkenalkan budaya di negara mereka, iklim, adat istiadat, nilai-nilai yang dianut.

Sayangnya buku ini mempunyai susunan yang tidak teratur, ada bab-bab yang diulang, ada beberapabagian yang salah cetak. dan beberapa keterangan yang tidak relevan dicantumkan dalam bab ini. misalnya disertakan foto-foto pemandangan negara mereka, bukannya tidak bagus namun saya rasa hal ini kurang tepat. dalam buku ini tidak diberi keterangan tentang pernikahan yang terjadi di negara mereka, namun hanya diberi keterangan tentang budaya saja. Padahal mengetahui tentanng budaya pernikahan yanng terjadi di negara mereka akan penting bagi pengembangan buku ini. jika saja ada foto-foto pernikahan sesuai dengan budaya mereka, atau hal-hal yang dilakukan untuk menyambut anggota baru dalam keluarga mereka.

Namun demikian, buku ini tetap layak untuk dibaca dan memberikan wawasan baru bagi kita, bahwa pernikahan antar bangsa tidaklah seindah yang kita bayangkan. Banyak hal yang perlu kita persiapkan terutama secara batin, karena banyak hal baru yang tidak akan mudah kita sesuaikan dengan diri kita. selamat membaca!!!

RESENSI BUKU: ANDA LUAR BIASA

Potensi Luar Biasa Ada Di Setiap Orang

Oleh: Sofa Nurdiyanti*)

Judul : Anda Luar Biasa!!!

Penulis : Eni Kusuma

Penerbit/ tahun terbit : Fivestar Publishing, (Cet. Ke-1, 2007)

Jumlah halaman : xx+154

ISBN : 978-979-15887-0-6

Harga : Rp 29.800,00

Nilai buku : 8

Tema yang diangkat menarik. Eni kusuma menggambarkan perjuangan hidupnya dalam meraih kesuksesan tanpa merasa rendah diri karena latar belakangnya sebagai pembantu. Eni kusuma mengajak kita semua untuk merubah pola pikir yang konservatif dan menjadi pribadi yang sukses, karena setiap orang mempunyai potensi yang luar biasa untuk menjadi pemenang. Eni berusaha mencambuk kita dengan semangat yang dipunyainya pada para pembacanya..

Gaya bahasa yang digunakan lugas dan mudah dimengerti. Susunan kalimatnya teratur dan mencerminkan ide-ide yang disampaikan mengalir dengan baik.

Rangkaian babnya teratur dan bertahap merubah pemikiran para pembacanya. Dari mulai artikel” Jalur A dan B, pilih mana? Sampai dengan Revolusi Babu, menarik untuk dibaca.

Kasus yang dibahas dalam buku ini adalah kasusnya Eni Kusuma sendiri. Sehingga kita bisa mengetahui perubahan seorang eni yang biasa menjadi eni yang luar biasa.

Keunggulan buku ini terletak pada penuturan eni kusuma yang sangat cerdas dan berhasil mematahkan anggapan bahwa pembantu rumah tangga tidak mempunyai kecerdasan secara intelektual dibandingkan dengan profesi lainnya. Pokoknya buku ini dibaca aja, karena bagus banget, ok!!!

10. RESENSI BUKU: MENULIS UNTUK SEBUAH KENIKMATAN

Oleh: Sofa Nurdiyanti*)

Judul : Menulis Untuk Sebuah Kenikmatan

Penulis : W. Nugroho

Penerbit/ tahun terbit : Prestasi Pustaka Publisher , (Cet. Ke-1, 2007)

Jumlah halaman : xiv+158

ISBN : 978-979-1101-36-3

Harga : Rp 17.000,00

Nilai buku : 6

Menulis untuk sebuah kenikmatan ini dikarang oleh W. Nugroho, seorang staf pengajar di Sekolah Tinggi Manajemen Informatikan dan Teknik Komputer Surabaya(STIKOM).

Buku ini berisi sejumlah artikel pendek yang berkaitan dengan menulis. Artikel yang ditulis lebih ditujukan untuk memotivasi orang agar mau menulis. Dan juga seperti judl buku iniberusaha menyampaikan pesan bahwa menulis itu merupakan sebuah kenikmatan. Kenikmatan dalam menulis ini hanya bisa dirasakan jika kita mau menulis.

Buku ini juga berisi sejumlah kiat praktis dalam menulis, namun kiat yang disampaikan tidak mendalam. Sebenarnya judul artikel yang ditulis menarik, sayangnya pembahasannya tidak tuntas. Hal ini menyebabkan artikel yang ditulis pada tiap bab terkesan hanya sebagai pengantar saja.

Bagian empat dari buku yang menurut saya tidak efisien yaitu tempat menyalurkan kenikmatan yang dibagi menjadi lima bab secara terpisah, padahal bab-bab itu bisa dijadikan satu artikel. Ada beberapa paragaraf dalam beberapa artikel pendek yang tidak mempunyai koherensi dari satu paragraf ke paragraf lainnya.

Editing buku ini perlu diperbaiki lagi, karena masih banyak terdapat kesalahan dalam tulisan dan penyusunannya. Penulis buku ini kurang memperhatikan beberapa artikel yang menurut saya pembahasannya kurang tuntas. Tapi buku ini juga baik buat kamu-kamu yang belajar menulis dan juga editing. 

RESENSI BUKU: KETIKA CINTA BERTASBIH 2

KETEGUHAN IMAN SI AZZAM

Oleh: Sofa Nurdiyanti*)

Judul    : Ketika Cinta Bertasbih 2
Penulis            : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit/ tahun terbit    : Penerbit Republika Dan Pesantren Basmala Indonesia, (Cet. Ke-
2, 2007)
Jumlah halaman    : 412
ISBN            : 978-979-1102-13-1
Harga            : Rp 49.500,00
Nilai            :10 (sempurna, deh :p)

Ketika Cinta Bertasbih 2(KCB2), lanjutan dari novel ketika cinta bertasbih 1 sudah beredar di pasaran. KCB2 ini mendapatkan sambutan yang baik dari pembaca, dalam waktu satu bulan sudah mengalami cetak ulang ke dua di bulan desember 2007. Para penggemar novel kang abik, sapaan yang akrab bagi Habiburrahman el shirazy, tentunya tidak sabar menunggu kisah si Azzam dalam menjalani hidupnya yang penuh perjuangan.
Para pembaca dibuat penasaran dengan kisah si azzam dalam KCB2, novel yang dibuat oleh habib ini mempunyai kekuatan pada pembuatan konflik dan plotnya. Para pembaca dibuat terkejut dengan alur yang dibuat oleh kang abik. Seringkali apa yang kita duga tentang bab atau kisah selanjutnya tidak terjadi. Kang abik memberikan kejutan-kejutan pada plot dan konflik yang bisa membuat pembacanya tidak akan meninggalkan buku KCB2 hingga selesai membaca. Tokoh azzam mengalami berbagai lika-liku hidup yang membuat kita terus terkesan.
Di dalam KCB2 ini juga terdapat muatan-muatan agama yang sangat kental, kita diajak untuk menelusuri agama dengan lebih baik. Banyak hal yang ternyata kita tidak tahu dan menjadi tahu setelah membaca buku KCB2. Pembaca diberi pengetahuan tentang agama secara dalam setiap adegannya. Sebagai contoh kang abik memberikan pengetahuan tentang kajian kitab Al-hikam pada kita lewat tokoh azzam yang dipaksa kiai luthfi untuk mengajar kitab tersebut di pesantren. Sedikit demi sedikit kita juga mengetahui kehidupan pesantren yang selama ini tidak banyak orang awam yang tahu. Berbagai pengetahuan dan pesan moral yang disampaikan oleh kang abik mengena di hati pembacanya.
Kesabaran, kejujuran, perjuangan, ketekunan, rasa baktinya pada orang tua serta sikap nerima dan selalu berusaha tanpa mengenal rasa putus asa akhirnya membuahkan hasil. Azzam, penjual bakso dan pembuat tempe akhirnya berhasil menikah dengan Anna Althafunnisa, gadis yang diidam-idamkannya, yang ingin dijadikan sebagai istri penentram jiwa.
Kang abik melalui KCB2 berhasil menguatkan para pembacanya untuk memegang teguh islam secara utuh, dan berhasil membuktikan bahwa aturan dalam islam bukanlah belenggu tapi perlindungan dan bentuk kasih sayang Allah pada hambanya. Meskipun tidak melalui tahap pacaran seperti tren gaya hidup sekarang, kang abik berhasil membuktikan bahwa cinta yang tulus dapat juga diraih melalui ridho Allah dengan cara yang misterius dan tak terduga. Sudah sepantasnyalah kita semua kembali merefleksikan islam secara kaffah, tidak setengah-tengah dan meragukan perintah Alla dengan melanggar aturan Allah, yakni dengan berpacaran. Tokoh azzam sudah membuktikan janji Allah seperti tercantum dalam surat An-nur ayat (26) bahwa  wanita-waita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji dan laki-laki yang keji hanyalah adalah buat wanita-wanita yang keji(pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik(pula).
Semoga kita semua dapat memegang teguh agama islam secara kaffah, tidak meragukan Allah dan menjadi hamba yang dicintai-Nya hingga akhir zaman. Fastabiqul khoir n keep your hamasah, ok!!!
Semangat!!!

 

11 komentar di “RESENSI

  1. wahh,,,nur salut dech,,,,
    cara penuturan bahasamu simpel banget dan mudah dipahami apalagi kalo yang baca seperti aku he he
    makasih banyak ya
    tetap semangat tu menulisnya
    hamasah,,,,

    andy

  2. Ping balik: Menulis Itu Mudah Lho … at MENULIS TANPA BERGURU

  3. ya makasih…
    tapi ne namanya sapa ya?
    koq mirip ma julukan temennya nur…
    tapi orange marah tiap dipanggil beruang item…
    padahal mirip bgt ma beruang item, heheh…
    jazakallah

Tinggalkan komentar